Jual Ban Forklift: Ini Waktunya Ban Forklift Harus Segera Diganti!

Di tempat seperti di pabrik pengemasan, terdapat 1 alat untuk membawa barang dalam jumlah banyak dan berukuran besar. Alat tersebut adalah forklift. Forklift ini sendiri merupakan kendaraan yang bagian depannya terdapat 2 garpu untuk mengangkat pallet. Di bagian atas palet biasanya diletakkan barang yang akan dipindahkan. Agar forklift tetap bisa dipergunakan maka semua bagian termasuk ban harus diperhatikan. Jika rusak, jual ban forklift menjadi alternatifnya untuk mencari ban yang sesuai.


Kapan Waktu Mengganti Ban Forklift?
Ban forklift harus diganti secara teratur. Penggantian ban dilakukan ketika ban tersebut aus. Jika tidak diganti, maka fungsi forklift terutama bagian operator akan terganggu.  Ada 2 jenis ban yaitu cushion dan solid pneumatic. Di ban cushion, akan ada cetakan angka dari ban. Jika setelah digunakan lalu karena habis dan aus hingga menyentuh angka cetakan tersebut, maka ban harus segera diganti.

Sedangkan bila menggunakan ban solid pneumatic atau ban mati, Anda bisa mengecek bagian lingkaran ban yang disebut dengan indikator. Jika ban yang sudah aus menyentuh batas lingkarang, maka ban sebaiknya diganti. Tidak harus langsung diganti namun, sebaiknya Anda melakukan pergantian agar forklift tidak tergelincir ketika dipergunakan.

Jika belum mencapai indikator atau tulisan ukuran yang ada di ban namun sudah retak atau ada bagian yang hilang, Anda juga harus menggantinya. Tujuannya agar tidak ada masalah saat forklift dipergunakan. Dengan begitu, Anda juga akan bisa melindungi keselamatan kerja dari operator.

Hal yang Harus Dihindari saat Mengganti Ban
Dalam mengganti ban forklift, Anda harus menghindari untuk tidak mengganti ban satu per satu. Kadang kala, karena yang aus hanya 1, maka ban yang diganti juga 1. Namun, hal tersebut justru bisa mengancam keselamatan kerja terutama bagi operatornya.

Misalnya ban depan kanan sudah aus kemudian diganti, sedangkan 3 ban lainnya tidak masalah. Lalu Anda mengganti ban depan bagian kanan dan 3 sisanya tidak diganti. Ketika Anda menggunakan forklift, akan terasa bila ada masalah dan daya cengkram ban terasa kurang. Akibatnya, jika kurang bisa mengendalikan, bisa menyebabkan forklift tersebut menjadi tidak seimbang ketika bergerak. Karena hal tersebut, forklift bisa tergelincir kapan saja, merusak forklift, bahkan membahayakan orang lain.

Karena hal tersebut, jika sudah waktunya mengganti ban, maka sebaiknya Anda segera mengganti ban. Pilih ban yang sesuai dengan kebutuhan dan forklift yang Anda miliki.

Terdapat Berkat Partindo Abadi yang menyediakan ban forklift dengan jenis yang bermacam-macam dan harga yang terjangkau. Misalnya jenis ban forklift 4.00-8 ataupun ban dengan ukuran 180/70 – 8. Di tempat yang juga jual ban traktor ini juga menyediakan ban forklift dengan merk ternama. Karena itu Anda tidak perlu khawatir apakah ini terpercaya atau tidak. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi https://berkatpartindoabadi.com/ dan pilih ban sesuai yang Anda butuhkan!

Share this