MAU JADI DATA ANALYST? KETAHUI DULU 6 SKILLS YANG WAJIB DIMILIKINYA

Data Analyst merupakan profesi yang erat kaitannya dengan tanggung jawab menganalisis, mendapatkan insight bisnis, membuat visualisasi, serta menginterpretasikan data. Untuk mengemban tanggung jawab tersebut, orang yang ingin memiliki profesi ini wajib mempunyai enam skill berikut.

Database Tools
Skill pertama yang harus dimiliki penganalisis data adalah menguasai berbagai jenis database tools. Tiap-tiap penganalisis data harus peka pada teknologi agar bisa menguasai rupa-rupa tools yang tersedia, terutama aplikasi terbaru.

Walaupun begitu, terdapat tiga tools yang pasti selalu dibutuhkan meski banyak inovasi baru bermunculan. Di antara aplikasi tersebut adalah Microsoft Excel, Spreadsheet, dan SQL.

Jadi, meskipun menguasai tools baru itu penting, skill mengoperasikan ketiga platform database lama ini tetap jadi keharusan yang pertama.

Bahasa Pemrograman
Untuk mendapatkan hasil analisis yang akurat ketika menangani data dengan jumlah besar, penganalisis data harus menguasai bahasa pemrograman. Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang perlu dipelajari calon penganalisis data. 

Contohnya, Python dan R yang termasuk sebagai bahasa coding paling umum digunakan dalam penganalisisan data. 

Visualisasi Data
Tidak cukup hanya dengan kemampuan mengumpulkan data-data, untuk menjadi penganalisis data yang baik, seseorang juga harus mampu membuat visualisasi. Skill ini berguna agar penganalisis data dapat menyampaikan informasi dengan kompleks sehingga audience-nya bisa menangkap penjelasan yang disampaikan.  

Statistika dan Matematika
Ketika akan menganalisis data, seorang data analyst harus bisa menentukan tools mana yang paling tepat untuk digunakan. Seperti diketahui, tiap-tiap tools tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Dengan pemahaman yang baik tentang statistika dan matematika, penganalisis data bisa menemukan platform terbaik untuk dipakai dalam waktu singkat.  

Problem Solving
Tugas utama penganalisis data adalah mendapatkan kesimpulan mengenai permasalahan yang dialami suatu perusahaan. Di balik tugas itu, penganalisis data juga harus memiliki keterampilan problem solving. 

Pasalnya, di balik data-data yang dihasilkan dari proses analisis, pasti ada korelasinya. Oleh karena itu, penganalisis data harus bisa memecahkan masalah tersebut agar bisa mengetahui penyebab adanya nilai database yang dihasilkan.  

Komunikasi dan Presentasi
Keterampilan keenam yang wajib dimiliki penganalisis data adalah komunikasi dan presentasi. Seperti diketahui, penganalisis harus menyampaikan informasi data yang dihasilkannya pada partner kerja ataupun para stakeholder.

Supaya informasinya bisa diterima dengan jelas, penganalisis harus memiliki skill berkomunikasi dan mempresentasikan data yang baik. Nah, dari berbagai skill yang wajib dimiliki penganalisis data di atas, mana saja yang sudah Anda kuasai?

Jika Anda baru menguasai beberapa skill tadi atau belum satu pun, kamu bisa ikut program Hacktiv8 untuk upskilling atau career switch di industri digital. Untuk diketahui, Hacktiv8 merupakan bootcamp untuk pemula yang ingin menguasai skill pemrograman, analisis data, dan performance marketing. Yuk, pilih program yang sesuai dengan bidang yang kamu inginkan!

Share this